Friday, June 22, 2012

Meninggalkan Bisnis Saya (Leaving My Business)

(Indonesia) Scroll down for English. 

Sekitar 3 minggu yang lalu, saya mulai memberitahukan orang bahwa saya akan pindah ke Perancis di akhir tahun 2012.  Ya, bisnis saya akan berjalan tanpa saya.  Sudah waktunya saya fokus ke keluarga saya dan karena suami saya tinggal di Perancis, maka tidak masuk akal saya tetap di Indonesia.

Bagaimana perasaan saya?  Anehnya, saya merasa tenang dan damai.  Mungkin memang sudah waktunya saya meninggalkan ini di tangan orang lain.  Mungkin inilah yang terbaik bagi masa depan kita semua.

Terlintas di pikiran saya untuk memulai sebuah blog untuk merekam perjalanan saya dari saat saya bangun bisnis ini sampai bagaimana saya akan meninggalkannya.  Apa tujuan saya membuat blog ini?

Bila anda adalah seorang pengusaha, semoga anda mendapatkan ilham dari pencapaian dan kesalahan saya.  Mungkin anda juga sedang mengalami hal yang sama.  Mungkin blog ini akan membuat anda merasa lebih nyaman karena anda ternyata tidak sendirian.


Semoga saya bisa menginspirasi anda juga untuk bertekad untuk meninggalkan bisnis anda juga suatu hari.  Mungkin karena anda mau pensiun dini, mungkin mau menjalankan bisnis lain, atau mungkin karena anda senang melihat team anda dapat berkembang untuk menjadi pemimpin di perusahaan anda.  Apapun alasannya, mungkin anda bisa menemukan kepuasan dalam melihat bisns anda berjalan dan berkembang tanpa anda.  

Jadi ayo kita mulai.  Beberapa blog pertama mungkin akan menceritakan pengalaman saya membangun bisnis ini.  Semoga anda menyukai cerita2nya.  Saya bukan ingin mengajarkan anda ya.  Mungkin dianggap sharing saja.  

Semoga anda juga akan bagikan ke orang lain, dan juga meng-inspirasi mereka dengan cerita anda sendiri.  

Selamat membaca dan terima kasih atas kesempatan untuk berbagi dengan anda.  


(English)
Around 3 weeks ago, I started telling people that I will be moving to France at the end of 2012.  Yes, my business will be running without me.  It's time for me to focus on my family life and, because my husband lives in France, it doesn't make sense for me to stay in Indonesia.

How do I feel?  Amazingly, I feel at peace with it.  Maybe it's time for me to leave this in someone else's hands.  Maybe this is for the best.

So I thought about writing a blog to journal my journey from the beginning of my business and up to the point where I will be leaving it.  Why am I doing this?

If you're a business owner yourself, I hope you can benefit from reading the highs and the lows that I experienced.  Perhaps you're going through the same thing and maybe there are some points that you can take out of it.  Or at least just to let you know you're not alone.

I'd like to inspire you as well to make it a goal to leave your business one day as well.  Maybe you want to retire early, or own another business, or just to see your employees grow into bigger roles... Whatever your goals, perhaps you'll find it more satisfying when you can see your business grow without you.

So here we go.  I guess the first few blogs will be about how this business was built and boy, do I have some interesting war stories.  I hope you have fun reading it.  I'm in no way trying to teach you anything.  Just a sharing perhaps of what I've been through.

I hope you pass it forward to others, and inspire them with your own stories too.

Happy reading. And thanks for letting me share this with you.

No comments:

Post a Comment